Troubleshooting Pada Mesin Chiller Dilengkapi Jasa Service Chiller Berkualitas

Meskipun mesin chiller mendapatkan perawatan yang baik dan sempurna, setiap peralatan termasuk salah satunya alat refrigerasi pasti membutuhkan perbaikan yang tepat. Dalam hal ini sudah pasti jasa service chiller menjadi salah satu layanan yang sangat diperlukan. Ketika terjadi masalah yang sudah besar dan rumit, Anda tentunya tidak akan bisa memperbaikinya sendiri sehingga solusi terbaiknya harus dibawa ke jasa service.


Sebelum pada pembahasan utama, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu chiller? Istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi, namun pastinya Anda belum tahu betul pengertiannya. Sederhananya chiller merupakan sebuah mesih refrigerasi yang memiliki fungsi utama untuk mendinginkan air pada sisi evaporatornya.

Prosedur Mengatasi Masalah Pada Mesin Chiller Yang Benar
Dalam menangani masalah-masalah atau troubleshooting yang terjadi pada mesin chiller, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan diantaranya :
a. Pernyataan masalah yang sedang terjadi
b. Proses pengumpulan data
c. Analisa data
d. Menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan untuk proses perbaikan
e. Melakukan aksi perbaikan
f. Memeriksa hasil yang terjadi

Jenis-Jenis Masalah Atau Troubleshooting Pada Mesin Chiller
Sebuah mesin pendingin seperti chiller masih bisa bekerja dengan baik meskipun bagian condenser atau evaporatornya mengalami kerusakan. Namun sistem dalam mesin chiller tidak akan mampu bekerja secara optimal jika terjadi kerusakan pada kompresornya. Pada mesin chiller itu sendiri terdapat dua jenis masalah yang kebanyakan terjadi yaitu :

1. Masalah mekanis dasar di bagian kompresor yang umum terjadi yaitu :
a. Adanya kemacetan di bagian-bagian kompresor
b. Timbulnya suara bising karena adanya masalah pelumasan sehingga menyebabkan kemacetan di bagian kompresor
c. Terjadi overheating akibat tekanan suction yang terlalu tinggi
d. Adanya kegagalan pada proses pemompaan

2. Harga AC Sharp kelistrikan yang biasanya sulit untuk dideteksi. Masalah-masalah ini terdiri dari :
a. Kompresor yang tidak mau jalan
b. Kompresor yang bisa jalan atau hidup namun tiba-tiba mati biasanya disebabkan oleh low pressure switch yang diatur terlalu tinggi, atau high pressure switch yang diatur terlalu rendah
c. Kompresor bekerja secara terus menerus yang biasanya disebabkan oleh condensor kotor jarang dibersihkan, beban terlalu tinggi, unloading yang sudah tidak bekerja, dan insulasi yang mengalami kebocoran
d. Tidak berjalannya mesin chiller di bagian kompresor yang disebabkan karena switch terbuka, fuse putus, motor terbakar, refrigerant yang terlalu sedikit, dan oil level yang sedikit di bagian crankcase
Ketika terjadi beberapa masalah pada mesin chiller yang kemungkinan tidak dapat Anda atasi sendiri, sebaiknya Anda mencari layanan jasa service chiller yang berkualitas. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan layanan berkualitas dari jasa service dan jual chiller yaitu dengan memilih layanan yang sudah mendapatkan reputasi baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *